Ini Lho Wisata Sungai yang Lagi Hits di Ciamis

Photo : triaen.blogspot

 

Ciamis – Sungai Cireong menarik dikunjungi buat mengisi akhir pekan. Wisata sungai di Ciamis ini dijamin betah!

Salah satu tempat wisata murah pilihan untuk mengisi libur Imlek di Ciamis adalah Wisata Alam Sungai Cireong. Lokasinya di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis.

Tempat ini cukup populer buat turis yang berkunjung ke Ciamis. Panorama alam yang beda dari tempat lainnya, sungainya jernih sekalipun hujan karena terdapat bebatuan yang berukuran besar.

Tempatnya yang berada di bawah kaki Gunung Sawal menambah keindahan sekelilingnya yang hijau dengan pepohonan. Wisata air Sungai Cireong ini cocok untuk bersantai sejenak dari kesibukan dan beban pikiran. Jaraknya dari jalan raya nasional Sindangkasih ke lokasi sekitar 5 kilometer.

Di sungai itu, baik orang dewasa maupun anak-anak bisa berendam, berenang atau hanya sekadar bermain air. Karena dengan sengaja sungai itu dibendung dengan bebatuan sehingga muncul kolam-kolam besar yang cukup dalam namun tetap terlihat alami. Yang paling istimewa dari sungai itu airnya tidak pernah keruh alias jernih meskipun banyak orang yang berenang.

Setiap akhir pekan pengunjung yang datang mencapai ratusan, sejak wisata alam sungai Cireong itu dibuka dan dikelola oleh warga secara swadaya, kemudian dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Destinasi wisata baru di ciamis yang sangat berpotensi ini memang masih perlu dikembangkan lagi.

“Setiap liburan pasti ramai, atau pada hari libur, tiket masuknya masih bentuknya sumbangan untuk pengelolaan Rp 2.000 per orang,” ujar Indra, salah seorang penjaga pintu masuk wisata Sungai Cireong saat ditemui detikTravel, Sabtu (17/2/2018) kemarin.

Keberadaan wisata Sungai Cireong ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Ada beberapa warung jajanan yang telah berdiri di pinggiran sungai lokasi wisata. Bahkan beberapa di antaranya menyediakan paket nasi liwet.

“Lumayan setiap hari Sabtu dan Minggu selalu ramai, minimal 150 sampai 200 wisatawan datang ke lokasi,” ujar Tini Sumarni pedagang di objek wisata.

Umumnya wisatawan yang datang dari daerah lokal. Namun banyak juga dari luar daerah seperti dari Banjar, Tasikmalaya dan Garut.

Salah seorang pengunjung asal Tasikmalaya, Mela Safitri mengaku mengetahui lokasi wisata ini melalui media sosial Facebook. Karena merasa tertarik dan penasaran dia sengaja datang bersama teman-temannya untuk mengisi waktu liburan.

“Penasaran melihat di medsos cukup indah dan enak untuk berendam di sungai. Ternyata setelah ke sini memang bagus lokasinya, hanya perlu penataan lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Budi Kurnia mengaku pihaknya telah mengusulkan lokasi Sungai Cireong sebagai wisata rintisan.

“Awalnya wisata ini kami masukan pada jenis destinasi rintisan, tapi ke sininya belum ada koordinasi dengan pengelola di lapangan dan pemerintah desa. Sekarang itu dikelola oleh Bumdes,” katanya.

Dikatakan Budi, untuk pengembangan wisata itu tentunya tergantung juga dari pengelola desa dan masyarakatnya. Karena dalam mengembangkan wisata banyak yang harus dikelola dengan baik. (krn/krn)

Source :

travel.detik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one + 15 =