Desa Menolak Tawaran Uang Demi Melestarikan Lingkungan

Source: internet

 

Desa Faleaseéla di Samoa menolak dana yang ditawarkan perusahaan pembangit tenaga listrik Electric Power Corporation (E.P.C) untuk Sungai Liua le Vai o Sina yang akan digunakan untuk membangkitkan listrik.

Negosiasi telah dilakukan antara pihak E.P.C dan Desa Faleaseéla.

Ketua dari Komite Konservasi Falease’ela, Talaolevavau Ualesi, mengatakan kepada Samoa Observer bahwa E.P.C. telah mendekati Desa Liua le Vai o Sina, untuk menggunakan sungai di lokasi mereka untuk menghasilkan listrik untuk seluruh Samoa.

“Kami sudah mengadakan pertemuan, E.P.C. menginformasikan keuntungan dan berkat jika kita menyetujui kesepakatan tersebut“, katanya.

“Mereka menawari kami setengah juta (dolar) per tahun dan setelah itu $ 8000 tiap tahun,”.

E.P.C belum memberikan komentar sejak Senin (06/11/2017).

Namun Ualesi mengatakan E.P.C. diizinkan untuk melakukan obeservasi di Sungai Liua le Vai o Sina.

Dia mengatakan bahwa desa tersebut juga mengunjungi lokasi lain dengan proyek serupa untuk menilai secara langsung pro dan kontra dari inisiatif tersebut.

“Desa kami sampai pada kesepakatan bahwa kami tidak menyetujui apa yang ditawarkan E.P.C. sebagai imbalan untuk penggunaan sungai  kami- Liua le Vai o Sina untuk membangkitkan listrik. Desa kami menghargai air kita dan (Sungai) Liua o le Vai o Sina memiliki sejarah dalam Budaya Samoa kita. Kami sangat bangga akan hal itu. Desa kami tidak menghargai uang, namun kami menghargai lingkungan,” katanya.

Alih-alih desa tersebut malah bermitra dengan Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup untuk melestarikan lingkungan.

“Ini sangat berbeda dengan apa yang diinginkan oleh E.P.C.,” tuturnya.

“Kementerian SDA dan LH berada di sini untuk melestarikan lingkungan, bukan untuk menghasilkan uang,”.

Kepala dari Divisi Taman-Taman dan Sumber Daya, Moeumu Uili, mengatakan “Faleaseela adalah salah satu desa yang seluruh tanah miliknya dilindungi dan dilestarikan”.

Source :

Tabloidjubi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


twelve + two =