Walhi Imbau Bacaleg Jangan Rusak Lingkungan

palapanews.com

 

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) meminta para bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk santun dan mendidik saat melakukan kampanye. Salah satunya, menjaga lingkungan dengan tidak memaku alat peraga kampanye (APK) pada pohon.

“Kalau ada kampanye bacaleg memasang alat peraga di pohon, memaku pohon, maka itu bukanlag bacaleg yang pro terhadap lingkungan hidup,” kata Direktur Eksekutif Walhi Jakarta, Tubagus Soleh.

Soal kewajiban menjaga lingkungan, Bagus -sapaan akrabnya- mengatakan bahwa hal itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (PPLH), yang berbunyi, setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mengendalikan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

“Dengan begitu, pemangku kebijakan harus betul-betul menjalankan fungsi kontrolnya, khususnya bacaleg yang tidak ramah lingkungan. Kami juga mengajak semua pihak mengawasi bacaleg seperti ini, kita tindak bersama,” tegasnya.

Sebagai informasi, penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) bakal dilakukan pada 23 September mendatang. Setelah itu, para calon anggota legislatif ini bakal melakukan tahapan kampanye.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


twenty − 1 =