Sidoarjo Kembangkan Sistem Pengeloaan Sampah Berbasis Lingkungan, begini Konsepnya

surabaya.tribunnews.com

 

SURYA.co.id | SIDOARJO – Pembangunan Sanitary Landfill, tempat pengolahan sampah berbasis lingkungan bakal segera terealisasi di Sidoarjo.

Lahan untuk proyek ini sudah didapat oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

“Kebutuhan lahan sekitar 20 hektar sudah terpenuhi,” kata Kepala DLHK Sidoarjo, Dian Wahjuningsih.

Proses pengadaan lahan ini memakan waktu cukup lama. Proses pengadaan yang sudah dimulai sejak 2012 itu baru selesai dalam waktu empat tahun. Persoalan dana yang menjadi kendala.

Setelah semua lahan terpenuhi, proyek pembangunan ini bakal dimulai bulan depan. Pekerjaan fisiknya dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Pembangunan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar setahun.

Dijelaskan dia, lahan seluas 20 hektar itu akan diolah, dibuat beberapa cekungan. Di dalam cekungan tanah akan dipasang geo membran yang fungsinya sebagai tempat menyaring residu sampah.

“Sampah yang masuk ke Sanitary Landfill langsung dimasukkan ke cekungan. Setelah itu, sampah ditumpuk dengan tanah. Setelah sampah membusuk, petugas mengambil kotoran tersebut,” urainya.

DLHK menilai bahwa Sanitary Landfill harus segera berjalan mengingat volume sampah di Kota Delta  terus bertambah.

Selama ini sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) volumenya sekitar 560 ton per hari. Solusi untuk mengatasi itu adalah Sanitary Landfill.

Menurut Dian sanitary landfill tidak akan berjalan optimal tanpa dibantu Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST). Jika volume sampah yang masuk tetap besar, maka lahan Sanitary landfill bakal cepat habis.

Dengan alasan itu, pihak DLHK berupaya memacu kinerja TPST dengan menambah TPST di sejumlah desa.

“Saat ini total ada 90 TPST. Dan akan tambah tiga lagi tahun ini,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap setiap desa mampu menghidupkan TPST. Agar pengelolaan sampah bisa diselesaikan di wilayah dengan melibatkan partisipasi warga.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


three + 14 =