Serunya Wisata Lingkungan di Penangkaran Beruang Madu Balikpapan

makassar.terkini.id

 

Ingin ajak anak berwisata sekaligus belajar di Balikpapan? Ajak mereka ke Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH). Berlokasi sekitar 23 kilometer di utara Kota Balikpapan, tempat ini menawarkan keseruan melihat beruang madu dan edukasi tentang lingkungan. Jangan lupa persiapkan tiket pesawat ke Balikpapan sebagai modal untuk mengunjungi salah satu penampungan beruang madu terbaik di Asia Tenggara ini.

Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup Balikpapan

 

Daya Tarik KWPLH Balikpapan

KWPLH Balikpapan sebelumnya merupakan kawasan agrowisata, tetapi fungsinya kini sudah berubah. Daya tariknya adalah tujuh ekor beruang madu yang merupakan lambang Kota Balikpapan. Empat dari tujuh beruang ini dulu diselamatkan dari penduduk yang memelihara mereka secara ilegal.

Ketujuh beruang ini ditempatkan di dalam hutan buatan seluas 1,3 hektar yang dikelilingi pagar. Sebuah jalur papan (boardwalk) ditempatkan tinggi-tinggi di atas tanah mengelilingi area tersebut. Pengunjung bisa berjalan mengelilingi habitat beruang, yang dibuka untuk umum pada pukul 09:00 hingga 17:00 (tutup selama satu jam dari pukul 14:00 untuk pemberian makan).

Daya tarik lain dari KWPLH Balikpapan adalah pusat pendidikan dan adopsi hewan domestik. Tempat ini memiliki dua lokasi penampungan terpisah untuk anjing dan kucing liar yang diobati, diberi makan, dan dilatih agar siap adopsi. Kucing-kucing ini biasanya dilepas saat kawasan wisata sedang sepi, dan dikurung pada malam hari serta saat banyak pengunjung.

Aktivitas di KWPLH Balikpapan

Meskipun hanya berupa kawasan wisata pendidikan, ternyata aktifitas yang terdapat di sini tidak hanya ditujukan untuk anak-anak loh. Berikut ini adalah beberapa hal menarik yang bisa Anda sekeluarga lakukan di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup, yaitu :

• Melihat beruang makan

Beruang madu di KWPLH Balikpapan tidak hanya diberi makan oleh staf. Mereka juga memetik buah dari pepohonan di hutan buatan. Anda bisa melihat mereka memanjat pohon dan makan buah jika masuk pada pukul 09:00 atau 15:00.

• Belajar tentang hewan domestik

Anda sekeluarga tidak hanya bisa melihat kucing dan anjing lucu, tetapi juga belajar tentang hewan domestik. Rumah Kucing di KWPLH Balikpapan berisi informasi tentang cara benar merawat hewan domestik.

• Belajar tentang konservasi dan kekayaan alam

KWPLH Balikpapan memiliki beberapa area edukasi yang menampilkan materi terkait konservasi serta kekayaan alam. Anda bisa belajar tentang hewan dan tumbuhan endemis Kalimantan, pengelolaan sampah, isu lingkungan, serta berbagai habitat di Kalimantan. Tempat wisata edukasi ini juga memiliki fasilitas seperti kantin, toko oleh-oleh, dan taman. Ada juga tempat istirahat berupa rumah panjang yang bisa dijadikan tempat piknik atau mengadakan acara.

Tips Jalan-jalan ke KWPLH Balikpapan KWPLH Balikpapan cukup jauh dari pusat kota, sehingga Anda sebaiknya sudah menemukan tempat menginap sebelum pergi ke tempat ini. Cara terbaik menuju tempat wisata edukasi ini adalah dengan mobil sewaan, karena angkutan umum hanya berhenti di jalan utama (Anda masih harus masuk sekitar 1 km dari gerbang) sebelum tiba di area. Pergi ke Balikpapan bukan hal yang sulit. Anda bisa mendapatkan promo tiket pesawat murah lewat Airy. Merencanakan perjalanan bersama keluarga pun jadi lebih mudah.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


14 − 2 =