Kemenkeu keluarkan instrumen investasi bangun lingkungan hidup `Green Sukuk`

foto: https://bit.ly/2IL6WNn

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi yang ramah lingkungan, pemerintah perlu menyusun kebijakan sehingga Kemenkeu mengeluarkan instrumen investasi baru, yaitu Green Sukuk.

Menurut Menkeu, Green Sukuk merupakan cara baik untuk berinvestasi pada proyek-proyek yang berkaitan dengan program lingkungan hidup. Tetapi, hambatan yang mungkin dihadapi adalah rendahnya bagi hasil (yield) yang ditawarkan oleh instrumen ini.

“Sekecil apapun langkah yang dapat saya lakukan untuk menjaga lingkungan ini maka saya akan lakukan,” tegas Menkeu di Courtyard Hotel Nusa Dua dalam rangkaian kegiatan IMF-WBG Annual Meetings 2018, Selasa (9/10), sebagaimana dihimpun dari laman resmi Kemenkeu.

Menkeu mengakui masih banyak masalah lingkungan di Indonesia, seperti masalah sampah baik di darat maupun di laut yang sangat penting untuk diselesaikan. Dengan adanya proyek-proyek yang sudah dijamin oleh Pemerintah, diharapkan investor ataupun pihak swasta dapat tertarik.

Sementara itu, Wakil Presiden sekaligus Bendahara Bank Dunia Arunma Oteh membahas bagaimana dunia harus bersama-sama menjaga lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Apabila Pemerintah berkomitmen penuh untuk menyelesaikan permasalahan terkait lingkungan hidup, maka akan banyak investor dunia yang tertarik,” jelas Arunma.

Source :

elshinta.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


15 − 4 =