Kali Grogol yang Masih Bau dan “Putih” di Kala Malam…

megapolitan.kompas.com/

 

JAKARTA, – Kamis (2/8/2018) malam,  melintas di jembatan penyeberangan orang (JPO) Halte Transjakarta Grogol 2. Dari atas sana terlihat permukaan kali yang dipenuhi busa berwarna putih. Tak hanya berbusa, bau anyir juga tercium sangat menyengat.

Tak sedikit penumpang transjakarta yang menutup hidungnya saat melintas di atas kali ini. Timbulnya busa putih ini bukan pemandangan yang mengherankan. Pasalnya, busa-busa putih ini kerap muncul saat malam hari. ” Busa itu mah tiap malam keluar, Mbak. Saya hampir setiap hari lewat sini soalnya,” ujar seorang penumpang transjakarta bernama Maya, Kamis.

“Ya bau sih, tapi saya kok udah kebal ya. Soalnya kalau malam lewat sini memang bau begini. Sudah biasa saya lihat busa itu,” tutur Elma, penumpang lainnya saat berbincang dengan Kompas.com. Tahun lalu, busa dan bau di Kali Grogol juga pernah dipermasalahkan warga. Saat itu, setelah mendengar informasi munculnya busa ini Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, pihaknya akan meninjau Kali Grogol untuk mencari tahu penyebab timbulnya busa itu. Teguh menduga busa berwarna putih yang hampir memenuhi permukaan Kali Grogol tersebut merupakan cairan limbah. “Yang umum itu adalah limbah warga atau ada home industry yang membuang limbahnya ke kali,” ujar Teguh saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/6/2017).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


four × 4 =